4 Hal Penting untuk Dipertimbangkan Saat Berburu Printer

4 Hal Penting untuk Dipertimbangkan Saat Berburu Printer

Memiliki printer pribadi di rumah bukan lagi masalah gaya, namun lebih pada kebutuhan. Apalagi sekarang bukan hanya pekerja kantoran saja yang membutuhkannya untuk mencetak berbagai laporan dan proposal. Anak sekolahpun memerlukan printer dengan kualitas baik supaya tidak kebingungan saat harus mencetak laporan penelitiannya. Dan tidak bisa dipungkiri juga dengan memiliki printer pribadi, kamu tidak harus mengeluarkan uang ketika ingin mencetak apapun yang kamu perlukan. Dengan begini, rasanya berapapun harga printer yang kamu pilih bukan masalah karena menjadi sebuah investasi. Tapi, pastikan kamu selektif dalam memilih supaya tidak membuang uang sia-sia. Yuk, sima kapa saja yang perlu kamu perhatikan saat berburu printer.

Koneksi Nirkabel

Zaman yang semakin modern membuat fitur printer juga makin tinggi. Salah satunya adalah koneksi nirkabel alias wireless yang memungkinkan kamu mencetak dokumen tanpa harus menancapkan kabel USB ke perangkat baik itu laptop, PC maupun ponsel. Dengan bantuan koneksi internet stabil dan Bluetooth untuk menghubungkan ponsel atau laptop ke printer, kamu dapat melakukan printing dari jarak jauh. Namun tentu saja, jarak jauh yang dimaksud tetap dalam satu jaringan WiFi yang sama. Bukan hanya lebih modern, fitur ini membuat proses printing jadi lebih fleksibel. Sayangnya, fitur tersebut hanya bisa ditemui pada printer menengah ke atas, dan bukan versi standar.

Standar atau All in One?

Nah, ini nih yang bikin bingung. Printer standar dan all in one selalu membuat galau karena bertabrakan dengan keinginan dan kebutuhan. Jika memertimbangkan tren tentunya printer all in one menjadi juaranya sebab hanya dalam satu perangkat kamu bisa melakukan printing, scanning dan fotokopi. Buat yang selama ini harus ke rental komputer atau tukang fotokopi dulu untuk memindai dan menggandakan dokumen, printer jenis ini adalah opsi menguntungkan.

Namun, printer standar juga bukan pilihan buruk, lho. Walaupun fungsinya hanya untuk mencetak dokumen tidak bisa dipungkiri kalau harga printer ini menggiurkan karena lebih hemat. Bahkan ada printer standar dengan harga 700 – 800 ribuan. Printer standar cocok buat kamu yang di rumah memiliki mesin scan atau fotokopi sendiri. Kalau sudah ada kenapa harus membeli lagi, kan?

Ink jet vs. Infus

Membeli printer bukan hanya masalah fitur dan teknologi canggih saja. Kamu juga perlu memertimbangkan biaya operasionalnya setiap bulan misalnya biaya penggantian tinta. Ada dua jenis printer berdasarkan system tintanya. Pertama adalah inkjet dimana tinta disuntikkan ke dalam cartridge sehingga jika sampai kehabisan, bukan tidak mungkin kamu bukan hanya mengisi tinta tapi sekaligus mengganti cartridge yang kering.

Yang kedua adalah infus atau ink tank. Jenis printer dengan sistem tinta infus ini dianggap lebih aman dan efisien sebab pengisian tinta dilakukan di luar perangkat dan bukan pada cartridge. Kamu jadi bisa memantau jumlah tinta yang masih tersedia sehingga tinta kering dapat dihindari. Sayangnya, printer dengan system tinta ini biasanya ditawarkan dengan harga lebih mahal daripada inkjet.

Harga Printer

Pertimbangan terakhir tentunya masalah harga printer itu sendiri. Umumnya, harga printer berbanding lurus dengan spek dan fitur. Semakin tinggi atau canggih teknologi yang digunakan, akan semakin mahal harganya. Tapi, bukan berarti printer mahal adalah yang paling cocok buat kamu karena semua kembali lagi pada kebutuhan. Apa gunanya memiliki printer modern tapi banyak fitur terbuang karena kamu tidak memerlukannya untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari? Membuang fitur sama saja dengan membuang uang yang kamu gunakan untuk membeli printer tersebut.

Harga printer bukanlah satu-satunya poin untuk dipikirkan sebelum membeli printer incaran. Masih ada berbagai hal penting lainnya seperti yang sudah kamu baca di atas. Ingat, jangan hanya menuruti keinginan karena kebutuhanmu lebih tepat untuk menjadi dasar memilih jenis printer yang dibeli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.