5 Perbedaan Bercak Darah Tanda Hamil VS Bercak Darah Haid 

5 Perbedaan Bercak Darah Tanda Hamil VS Bercak Darah Haid 

Bercak darah menjadi salah satu tanda seseorang sedang hamil dan juga menjadi tanda darah menstruasi. Sama-sama bercak darah yang keluar namun menandakan suatu hal yang berbeda. Berikut ini perbedaan bercak darah tanda hamil dengan bercak darah haid. 

  • Warna Darah

Warna darah pada haid biasanya berwarna lebih merah menyala dan terlihat sebagai darah segar. Berbeda dengan darah kehamilan yang berwarna lebih ke merah kecoklatan. Begitu juga saat terjadi implantasi yang terkadang juga berwarna merah namun lebih sering merah kecoklatan. 

  • Rasa Sakit

Bercak darah yang keluar akan disertai dengan rasa sakit di perut. Rasa sakit pada menstruasi akan lebih terasa kuat disertai dengan peluruhan lapisan dinding rahim dan rasa sakit akan menghilang saat gumpalan daging sudah banyak yang keluar. Berbeda dengan rasa sakit pada kehamilan yang hanya terasa sangat ringan dan tidak akan semakin sakit seperti yang terjadi pada haid. 

  • Durasi Keluarnya

Bercak sebagai tanda kehamilan hanya berlangsung sebentar sekitar satu atau dua hari. Sedangkan untuk bercak darah haid dapat berlangsung hingga tujuh hari lamanya. Bercak darah haid akan disertai gumpalan darah yang menjadi penyebab rasa sakit kuat. Hal ini tidak terjadi pada awal kehamilan.

  • Volume

Darah yang keluar saat haid memiliki jumlah lebih banyak dan disertai gumpalan akibat peluruhan lapisan dinding rahim. Volume akan semakin meningkat pada waktu satu hingga 3 hari dan berlangsung lebih lama sekitar 7 hari. Sedangkan pada tanda kehamilan volume darahnya sedikit dan akan berhenti dalam beberapa jam hingga paling lama dua hari. 

  • Frekuensi Darah

Bercak darah implantasi akan muncul secara on-off atau terkadang muncul dan tidak selama kehamilan. Sedangkan bercak haid frekuensi darah yang keluar akan terus menerus selama hingga masa haid telah berakhir. Jika hanya terjadi sebentar dan beberapa hari kemudian mengalaminya lagi dengan warna kecoklatan maka bisa dipastikan bahwa darah tersebut sebagai tanda kehamilan. 

Demikian perbedaan bercak darah tanda hamil dengan bercak darah haid. Selain yang telah disebutkan, darah hamil juga diiringi dengan tanda-tanda kehamilan lainnya seperti mual, muntah, payudara sensitif, mudah lelah, indera penciuman menjadi lebih sensitif dan frekuensi buang air kecil naik. Agar mudah mendeteksinya. Anda bisa gunakan alat tes kehamilan sederhana untuk memastikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.