Asnawi Mangkualam Digaji Rp 800 Juta Pemain Indonesia Pertama di Liga Korea Selatan

Asnawi Mangkualam Digaji Rp 800 Juta Pemain Indonesia Pertama di Liga Korea Selatan

Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam diperkirakan akan mendapat gaji sekitar 750 hingga 800 juta rupiah per tahun sebagai pemain asing. Transfer Asnawi Mangkualam ke salah satu kontestan K League 2, Ansan Greeners sedang hangat dibicarakan akhir akhir ini. Asnawi akan menjadi pemain Indonesia pertama yang akan berlaga di Liga Korea Selatan.

Meski Ansan Greeners dan PSM Makassar belum resmi mengumumkan transfer Asnawi, namun media media Korsel telah membocorkan beberapa detail kontrak yang akan diterima pemain 20 tahun itu. Kepala tim Ansan Greeners FC, Joo Chan yong, yang menjelaskan bahwa Asnawi direkrut dengan durasi kontrak selama satu musim dengan opsi perpanjangan, seperti dikutip BolaSport.com dari Naver. "Pada tanggal 19 diputuskan untuk mengontrak bek timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar," kata Joo Chan yong.

"Jangka waktu kontrak ditetapkan satu tahun (plus satu tahun opsi)," tambahnya. Proses transfer Asnawi juga tak bisa dilepaskan dari peran Shin Tae yong. Pelatih asal Korea Selatan itu merekomendasikan Ansan Greeners untuk merekrut Asnawi karena yakin dengan kemampuan sang pemain.

"Sebagai bek, dia adalah pemain yang punya kemauan dan semangat tinggi," ucap Shin Tae yong. "Dia bisa bermain dengan baik bahkan di divisi utama K League," tambahnya. Sementara itu, Asnawi Mangkualam juga diyakini rela digaji lebih kecil di Ansan Greeners ketimbang di PSM Makassar, seperti dilaporkan Sport Seoul .

"Asnawi menerima gaji miliaran pertahun di klub di Indonesia tapi dia rela memotong gajinya ketika datang ke K League," kata Joo Chan yong. "Keadaan kondisi tim kami tidak bisa memberi banyak tetapi Asnawi memiliki keinginan kuat untuk menantang di K League." "Asnawi datang ke Korea Selatan dengan mimpi besar," tambahnya.

Seperti data dari Transfermarkt, harga kontrak Asnawi Mangkualam selama semusim adalah Rp 3,4 miliar. Dilansir BolaSport.com dari akun twitter @ulsanhyundaifan, rata rata gaji pemain asing di Ansan Greeners musim 2020 adalah 68,6 juta Won Korea atau setara sekitar Rp 800 juta. Asnawi saat ini diyakini masih menyelesaikan berkas berkas yang diperlukan sebelum berangkat ke Korea Selatan.

Media Korsel, Chosun percaya begitu urusan berkas berkas selesai, maka Asnawi akan segera bergabung Ansan Greeners dan dijadwalkan langsung mengikuti TC pada Februari 2021. "Asnawi, pemain asuhan Shin Tae yong yang telah dikontrak pada 19 Januari 2021, akan pergi ke Korea begitu visa rampung," tulis Chosun. "Ia akan bergabung dengan Ansan dan dijadwalkan mengikuti pemusatan latihan pada Februari 2021, usai menjalani isolasi 14 hari," tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *