Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 8 Halaman 136 137 141 143 147 148 149 150 151 152 154 155 156 159

Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 8 Halaman 136 137 141 143 147 148 149 150 151 152 154 155 156 159

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD halaman 136, 137, 141, 143, 147, 148, 149, 150 151, 152, 154, 155, 156, dan 159 Subtema 3 Pembelajaran 4, 5 dan 6. Buku Tematik Tema Kelas 3 SD berjudul Praja Muda Karana. Subtema 3 pada Buku Tematik ini berjudul Aku Suka Bertualang.

Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak. Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai bacaan!

1. Keragaman apa saja yang dapat kamu temukan dalam bacaan tersebut? Jawaban: Keragaman kebiasaan masyarakat yang di dekat laut dengan masyarakat di pegunungan

Keragaman rumah adat Keragaman pakaian adat 2. Sikap manakah yang sesuai dengan semboyan negara Indonesia?

Jawaban: Sikap menjaga kerukunan dan kedamaian walaupun berbeda kebiasaan 3. Apa semboyan negara Indonesia? Jawaban: Bhinneka Tunggal Ika

Diskusikan bersama kelompokmu beberapa hal berikut! Wawancarai teman sekelompokmu! Tanyakan ikan kesukaan teman temanmu!

Gambarkan keragaman ikan kesukaan anggota kelompokmu! Sampaikan informasi keberagaman yang ada pada kelompokmu! Sampaikan pula sikap yang harus kamu lakukan!

Sampaikan pula manfaat keragaman kesukaan yang dapat kamu temukan! Jawaban: Aku dan teman teman mempunyai peliharaan yang sama yaitu ikan. Hanya saja, jenis ikan kami berbeda beda. Aku mempunyai ikan mas, Ifa memelihara ikan arwana kecil dan Doni memelihara ikan koi. Kami suka berbagi pengalaman memelihara ikan yang berbeda. Dengan adanya perbedaan ini, kami jadi lebih memahami cara memelihara ikan yang berbeda jenis.

Ibu Siti ingin membeli ikan di Pasar Ikan. Ke mana Ibu Siti harus menuju dari tempatnya berdiri saat ini? Jawaban: Ibu Siti harus menuju ke arah kanan sesuai papan petunjuk arah

Lengkapi gambar berikut seperti perintah yang tersedia! Lengkapi agar menjadi rambu petunjuk arah yang benar! 1. Untuk menuju Taman Bermain harus belok kiri.

Untuk menuju masjid Agung harus belok kanan. Untuk menuju sekolah Nusantara harus lurus mengikuti arah jalan. 2. Untuk menuju Kebun binatang harus belok kiri.

Untuk menuju Rumah Sakit Indah harus belok kanan. Untuk menuju Pasar Ikan harus lurus mengikuti arah jalan. Jawaban:

Rambu petunjuk yaitu rambu lalu lintas yang berfungsi sebagai petunjuk arah atau tempat. Rambu petunjuk, dipasang di atas jalan. Namun ada juga rambu petunjuk dipasang di pinggir jalan.

Lengkapi tulisan pada papan petunjuk arah! Lengkapi sesuai posisi tempat yang ada pada gambar! Jawaban:

Pom bensin harus lurus mengikuti arah jalan Rumah Sakit harus belok kanan Masjid harus belok kiri

Jawaban: Siti harus berjalan ke arah: lurus mengikuti arah jalan Dayu harus berjalan ke arah: kanan

Lani harus berjalan ke arah: kiri Cobalah mencari tahu keragaman yang ada di kelasmu! Keragaman pengalaman mengunjungi suatu tempat.

Beri tanda centang (✔) pada kolom yang tepat! Jawaban: Buatlah laporan hasil wawancaramu dalam bentuk diagram!

Jawaban: Apa saja keberagaman yang kamu temukan di kelasmu? Jawaban:

Berbeda pendapat saat diskusi Berbeda agama Berbeda tugas saat kerja kelompok

Apa saja yang telah dilakukan dalam menjaga kerukunan di kelasmu? Diskusikan bersama temanmu! Jawaban:

Menghargai setiap perbedaan pendapat Mempersilahkan teman yang akan melakukan ibadah saat kerja kelompok Membagi tugas secara adil

Perhatikan gambar berikut ini! Buatlah cerita sesuai urutan gambar! Kemudian jawablah pertanyaan sesuai gambar tersebut!

Jawaban: Nenek akan berkunjung ke rumah cucunya dengan mengendarai bus umum. Bus nenek berhenti tepat di depan sebuah masjid.

Nenek bertemu dengan Tomi, lalu Tomi membantu nenek menyeberang jalan. Nenek mengatakan bahwa rumah cucu Nenek ada di Perumahan Lestari. Saat Tomi melihat papan petunjuk tersebut, Tomi mengetahui bahwa ia harus mengantar Nenek ke arah kanan.

Akhirnya Tomi berhasil mengantar Nenek ke tempat tujuan. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut?

Jawaban: Rambu tempat beribadah Rambu untuk penyeberang jalan

Papan Petunjuk arah 2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan? Jawaban: Memperhatikan dari arah kanan dan kiri apakah ada kendaraan yang melintas atau tidak.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan diagram tersebut! 1. Berapa banyak anak yang menyukai serabi? Jawaban: 35

2. Berapa banyak anak yang menyukai kelepon? Jawaban: 25 3. Apa nama kue yang paling banyak disukai?

Jawaban: Kue lapis 4. Apa nama kue yang paling sedikit disukai? Jawaban: Dodol

5. Berapa banyak perbedaan antara yang menyukai kue lapis dan kue onde onde? Jawaban: 10 Apa saja yang dapat kamu simpulkan dari diagram tersebut?

Jawaban: Kue lapis adalah kue yang paling banyak disukai. Sedangkan dodol adalah kue yang paling sedikit disukai. Berilah tanda centang (✔) untuk sikap menghargai perbedaan! Jawaban:

1. Menghargai teman yang tidak menyukai makanan tradisional: ✔ 2. Belajar dengan tekun: 3. Bermain dengan semua teman tanpa membeda bedakan suku: ✔

4. Selalu berpamitan kepada orang tua saat akan meninggalkan rumah: 5. Menjaga ketertiban saat melewati rumah ibadah agama lain: ✔ Carilah informasi tentang rumah dan pakaian adat nusantara.

Gunting dan tempelkan rumah dan pakaian adat yang berasal dari daerah yang sama. Tuliskan nama daerah sesuai rumah dan pakaian adat tersebut! Jawaban:

Adakah manfaat dari keberagaman pakaian yang dimiliki Indonesia? Tuliskan pendapatmu tentang manfaat keberagaman pakaian di Indonesia! Jawaban:

Manfaat keberagaman pakaian di Indonesia adalah kita dapat mengetahui jenis jenis pakaian yang tersebar serta fungsinya. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.