Mengenal Cara Klaim Asuransi Dan Pilihan Asuransi Kesehatan Cashless Terbaik

Mengenal Cara Klaim Asuransi Dan Pilihan Asuransi Kesehatan Cashless Terbaik

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang paling banyak dimiliki masyarakat Indonesia. Ini tak lepas dari manfaat asuransi yang dinilai sangat besar dan penting dalam menjaga kehidupan pemilik asuransi. Dengan adanya asuransi kesehatan, pemilik asuransi bisa berobat dan menjalani rawat inap hingga operasi tanpa mengeluarkan biaya. Akan tetapi untuk bisa melakukannya, pemilik asuransi juga harus memastikan bahwa produk asuransi yang ia miliki sudah melayani pembayaran atau klaim secara cashless. Sebab, asuransi kesehatan sendiri memiliki beberapa cara untuk pengajuan klaim nasabahnya. Berikut ini adalah cara-cara klaim yang bisa dilakukan pemilik asuransi dan pilihan asuransi kesehatan cashless  terbaik dengan manfaat rawat inap.

Cara klaim asuransi kesehatan dari berbagai produk asuransi kesehatan, antara lain:

  • Reimbursement.

Merupakan cara klaim yang terlebih dahulu populer sebelum adanya sistem klaim cashless. Sistem klaim reimbursement mengharuskan pemilik asuransi untuk membayar terlebih dahulu biaya pengobatan dan perawatan yang dilakukan. Setelah itu pemilik asuransi harus melakukan klaim dengan melengkapi semua berkas yang dibutuhkan seperti kwitansi pembayaran dan hasil pemeriksaan dokter maupun laboratorium. Berkas klaim dikirimkan ke alamat kantor perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi akan melakukan kroscek untuk menganalisa klaim. Setelah klaim disetujui maka uang pengganti biaya berobat akan ditransfer ke rekening pemilik asuransi. Sistem klaim ini dilakukan ketika pemilik asuransi berobat di luar jaringan rumah sakit perusahaan rekanan atau di tempat pelayanan kesehatan yang belum bekerja sama dengan perusahaan asuransi.

  • Cashless.

Merupakan sistem klaim asuransi dimana pemilik asuransi tidak perlu mengeluarkan uang mulai dari pendaftaran hingga selesai pengobatan. Ini bisa dilakukan jika pemilik asuransi berobat di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi dan limit pertanggungan masih tersedia untuk membayar semua tagihan rumah sakit. Yang perlu dilakukan hanyalah memberikan kartu identitas diri dan kartu asuransi yang memuat nomor polis asuransi. Setelah itu Anda bisa mendapatkan pengobatan dan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan.

Perlu diingat bahwa asuransi kesehatan cashless sebaiknya memiliki jaringan rumah sakit yang luas dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia sehingga masyarakat pemilik asuransi dapat melakukan pengobatan di rumah sakit yang diinginkan.

  • Santunan harian.

Asuransi dengan cara klaim santunan harian juga memerlukan pemilik asuransi untuk melakukan klaim. Asuransi ini tidak membayar biaya rumah sakit namun memberikan santunan harian ketika pemilik asuransi menjalani rawat inap. Besarnya sesuai dengan santunan harian yang dipilih saat membeli asuransi dikalikan jumlah hari ia menjalani perawatan inap.

Tentu saja jika memungkinkan pemilik asuransi akan lebih suka jika tak usah melakukan klaim karena sudah menggunakan layanan cashless di rumah sakit jaringan. Akan tetapi pada beberapa kasus, rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi letaknya jauh dari rumah atau bahkan terletak di kota lain. Karena itu pemilik asuransi terpaksa melakukan pengobatan dengan klaim secara reimbursement. Agar Anda bisa melakukan klaim secara cashless, pilihlah asuransi kesehatan cashless yang juga memiliki jaringan rumah sakit luas dan sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dengan begitu semakin besar kesempatan Anda untuk tidak perlu membayar terlebih dahulu biaya pengobatan yang dilakukan. Percayakan pada asuransi kesehatan dari I Love Life Astra yaitu Astra Flexi Hospital and Surgical untuk manfaat rawat inap yang sudah memiliki layanan cashless di banyak rumah sakit di seluruh Indonesia. Memberikan limit pertanggungan yang fleksible untuk perlindungan kesehatan yang sesuai kebutuhan Anda. Yuk cek informasi lengkapnya di website resmi I Love Life Astra.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *