Pihak Keluarga Bantah Tak Mengurusnya dengan Baik VIRAL Video Kondisi Memprihatinkan Nenek Muntiah

Pihak Keluarga Bantah Tak Mengurusnya dengan Baik VIRAL Video Kondisi Memprihatinkan Nenek Muntiah

Sebelumnya ada video yang memperlihatkan kondisi memprihatinkan nenek asal Desa Pangkat Rejo, Kecamatan Sugio, Lamongan itu. Melihat kabar tersebut, pihak keluarga dari nenek Muntiah membantah jika tidak mengurusnya dengan baik. Hal ini disampaikan langsung oleh keponakan yang biasa merawat Muntiah, Islama (55).

Ia memang mengaku teledor saat video tersebut diambil. Padahal, Islama mengaku telah memperlakukan Muntiah dengan baik setiap hari. "Kemarin itu saya pas ada kerjaan buruh tani. Sedikit teledor juga, padahal sebelum berangkat itu sudah saya beri makan dan saya mandikan," ujar Islama dalam logat bahasa Jawa kepada Kompas.com , Rabu (27/1/2021).

Islama menampik tak mengurus Muntiah dengan baik. Meski keadaan ekonominya terbatas, Islama tetap meluangkan waktu merawat Muntiah. Setiap hari, Islama memberi makan dan memandikan nenek berusia 80 tahun itu. Ia membagi waktu sebagai buruh tani dan merawat Muntiah. Apalagi, Muntiah tak memiliki anak, tak bisa berjalan, dan pikun.

Tetapi, Islama tetap merawat nenek itu seperti orangtuanya sendiri. "Namanya orang pikun, kadang diberi makan juga ngomong belum makan. Kadang kalau saya pas bekerja buruh tani, tetangga dan kerabat yang lain juga sering kasih makan ke si mbah," ucap dia. Islama dan suaminya, Nur Asit (60), bekerja sebagai buruh tani untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari hari.

Mereka memiliki tiga anak, dua di antaranya masih menjadi tanggungan Islama dan Nur Asit. Sementara Muntiah tinggal di rumah salah satu keluarga yang jaraknya cukup dekat dengan kediaman Islama. Muntiah tinggal sendiri di rumah itu. Kompas.com menggalang dana untuk membantu Nenek Muntiah. Sumbangan rezeki Anda akan sangat bermanfaat, klik di sini untuk donasi.

Rumah tersebut telah mendapat bantuan dari pihak desa. Awalnya, rumah yang ditempati Muntiah berlantai tanah. Pihak desa merenovasi rumah itu dan menyemen lantai. Bantuan itu diberikan jauh sebelum video yang diunggah di Instagram itu viral. Rumah itu hanya memiliki satu ruangan dengan kondisi kamar mandi yang kurang layak.

Salah satu tetangga Muntiah, Niatun (45) mengatakan, warga sekitar juga bergantian melihat dan memebri makan nenek berusia 80 tahun itu. "Kalau Islama pergi untuk kerja buruh tani, kadang tetangga sini bergantian melihat dan memberi makan Mbah Muntiah siangnya. Tapi biasanya sehari hari ya tetap Islama yang kasih makan dan merawatnya," kata Niatun. Hal senada juga disampaikan Siyem (50), warga yang tinggal di dekat rumah Muntiah. Siyem menyebut, Islama telah merawat Muntiah dengan baik meski kondisi ekonominya pas pasan.

"Bantuan dari pihak desa, Pak Kades, perangkat desa juga sudah sering diberikan kepada Mbah Muntiah. Hanya memang orangnya sudah tua dan pikun," kata Siyem. Setelah viral di media sosial, kediaman Muntiah sering dikunjungi orang. Mereka sekadar ingin mengetahui kondisi Muntiah, ada juga yang memberi bantuan. Kondisi Muntiah lebih baik dari sebelumnya. Meski terlihat kurus, wajahnya terlihat lebih berseri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.