Ragam Makanan Penyebab Ambeien yang Perlu Diwaspadai

Ragam Makanan Penyebab Ambeien yang Perlu Diwaspadai

Anda tentu sudah mengetahui tentang ambeien, bukan? Ya, ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada anus, terutama di bagian rektum bawah. Seseorang yang mengalami masalah ini akan merasakan sakit saat duduk serta kesulitan buang air besar. Pola konsumsi menjadi sebab munculnya masalah ini sehingga Anda perlu mengetahui ragam makanan penyebab ambeien.

Tentu saja, dengan mengetahui ragam makanan yang bisa menyebabkan ambeien, nantinya Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang lebih efektif. Lantas, apa saja makanan yang bisa memicu munculnya ambeien ini? Simak ulasannya!

Ragam Makanan Penyebab Ambeien

Berbincang tentang makanan yang menyebabkan ambeien, perlu diketahui bahwa makanan tersebut sebenarnya tidak menyebabkan ambeien secara langsung. Namun, ada beberapa makanan yang bisa memperparah kondisi ambeien jika dikonsumsi.

Adapun beberapa makanan yang perlu diwaspadai agar Anda tidak terkena ambeien adalah:

  • Makanan rendah serat

Salah satu makanan yang bisa mengakibatkan ambeien adalah makanan dengan kandungan serat yang rendah. Seperti diketahui, serat adalah kandungan nutrisi yang diperlukan untuk melancarkan proses BAB. 

Nah, apabila seseorang mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang rendah, maka ia bisa terkena sembelit. Sembelit yang muncul mengakibatkan seseorang perlu mengejan lebih keras saat BAB. Hal inilah yang secara tidak langsung akan mengakibatkan ambeien.

Adapun beberapa makanan rendah serat yang perlu diatur dalam konsumsi adalah daging merah, roti, pasta dari tepung putih dan lainnya. 

  • Makanan dengan rasa terlalu pedas

Apakah Anda termasuk penggemar makanan dengan rasa yang pedas? Jika ya, maka Anda sebaiknya waspada. Pasalnya, makanan yang satu ini juga bisa menjadi sebab terjadinya ambeien.

Konsumsi makanan yang memiliki rasa terlalu pedas akan membuat saluran pencernaan terganggu dan bisa mengalami diare. Nah, diare yang terjadi akan mengakibatkan iritasi di bagian anus. Hal inilah yang akan mengakibatkan munculnya ambeien.

  • Makanan olahan

Jenis makanan lain yang bisa mengakibatkan ambeien adalah makanan olahan. Beragam makanan olahan seperti nugget, sosis dan lainnya memang kerap dikonsumsi. Selain praktis, rasa dari jenis makanan ini pun juga nikmat.

Namun, Anda perlu tahu bahwa makanan olahan memiliki kandungan serat yang cukup rendah serta kandungan garam yang lebih tinggi. Keduanya bisa menjadi sebab munculnya masalah pada sistem pencernaan dan berefek pada munculnya ambeien. 

Beberapa makanan di atas adalah ragam jenis makanan yang bisa menyebabkan masalah pencernaan dan ambeien. Sebagai tambahan, makanan dengan kandungan lemak tinggi juga sebaiknya dihindari agar Anda tidak terkena ambeien.

Demikian beberapa ulasan tentang makanan penyebab ambeien. Atur pola makan Anda dengan baik agar Anda bebas dari peradangan karena ambeien dan ganti pola konsumsi Anda dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: ambeien penyebab ambeien perlu diketahui dan diatur pola konsumsinya. Pasalnya, ambeien yang terjadi bisa mengakibatkan rasa sakit dan rasa yang tidak nyaman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *