Rekomendasi Ruang Bermain Anak di Rumah Minimalis

Rekomendasi Ruang Bermain Anak di Rumah Minimalis

Ketika sudah berkeluarga, memiliki ruang bermain anak sangatlah penting sebagai upaya memaksimalkan tumbuh kembang buah hati. Hal ini perlu diperhatikan ketika merancang rumah, seperti halnya Anda menimbang memakai bahan semen ramah lingkungan.

Karena dengan bahan ramah lingkungan tersebut, bangunan Anda memiliki isolasi termal yang lebih baik, penggunaan energi menjadi lebih efisien, serta bangunan juga menjadi lebih kuat dan kokoh.

Jadi, selain ramah terhadap lingkungan, bangunan Anda juga akan lebih terjamin kualitasnya, apalagi ruang khusus si buah hati tersebut.

Ide Ruang Bermain Anak Untuk Rumah Minimalis

Ada banyak keuntungan ketika Anda benar-benar memutuskan untuk memiliki ruang bermain tersendiri bagi si buah hati. Misalnya memiliki waktu lebih bermasa si kecil, dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak, serta dapat meningkatkan daya imajinasi.

Maka dari itu, penting sekali untuk memiliki ruang bermain anak khusus di rumah Anda sendiri dengan beberapa ide desain sebagai berikut.

1.     Sudut Bermain Kreatif

Buat sudut bermain kreatif di dalam rumah dengan menggunakan rak penyimpanan yang berwarna cerah dan menarik. Gunakan rak tersebut untuk menyimpan mainan anak-anak secara teratur dan mudah dijangkau.

Tambahkan meja kecil dan kursi kecil di dekatnya agar anak dapat duduk dan bermain dengan nyaman. Area ini akan menjadi tempat mereka untuk berkreasi, membaca buku, atau menggambar.

2.     Dinding Kreasi

Dedikasikan salah satu dinding ruangan sebagai dinding kreasi untuk anak-anak. Pasang panel dinding magnetik atau papan tulis yang dapat mereka gunakan untuk menggambar dan menuliskan ide-ide mereka.

Berikan juga beberapa wadah berisi pensil, pensil warna, dan krayon agar mereka dapat dengan mudah mengaksesnya. Dinding kreasi ini akan membangkitkan imajinasi dan kreativitas anak-anak.

3.     Area Bermain Aktif

Dalam rumah minimalis, pilih area yang cukup luas untuk membuat area bermain aktif. Gunakan karpet berwarna cerah sebagai alas yang nyaman dan aman dipakai pada ruang bermain anak.

Tambahkan beberapa mainan seperti bola plastik, mini seluncur, atau kursi lompat. Area ini akan mendorong anak-anak untuk bergerak, bermain, dan mengembangkan keterampilan motorik mereka.

4.     Sudut Membaca yang Nyaman

Buat sudut membaca yang nyaman dengan memasang rak buku rendah di dinding. Isi rak tersebut dengan berbagai buku anak-anak yang menarik dan sesuai dengan usia mereka.

Sediakan juga bantal dan bean bag di sekitarnya agar anak-anak dapat duduk dengan nyaman saat membaca. Sudut membaca ini akan merangsang minat baca mereka dan menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

5.     Area Imajinatif

Buat area yang didedikasikan untuk permainan pretend play dan imajinatif. Gunakan lemari kecil atau lemari dengan tirai sebagai “rumah” atau “tokoh-tokohan” yang dapat diubah sesuai dengan imajinasi anak-anak.

Sediakan juga beberapa mainan peran seperti kostum, peralatan dapur mini, atau boneka. Area ini akan memungkinkan anak-anak untuk bermain peran, menggunakan imajinasi mereka, dan mengembangkan keterampilan sosial.

Dengan desain ruang bermain anak untuk rumah minimalis seperti ini, Anda dapat mengoptimalkan ruang yang terbatas dan menciptakan lingkungan yang menginspirasi dan aman bagi anak-anak.

Ruang bermain ini akan menjadi tempat mereka untuk belajar, bermain, dan mengeksplorasi dengan penuh kreativitas. Maka, sebelum membangun rumah, penting untuk memikirkan ruang bermain khusus anak tersebut.

Agar semakin kuat dan kokoh, Anda dapat menggunakan semen ramah lingkungan dari SCG. Contohnya Semen SCG OPC yang memang didesain untuk pondasi, kolom, balok, lantai bangunan, dan estat. Bahkan, dapat digunakan untuk bangunan bertingkat jika Anda berniat membangun rumah dengan tingkat tambahan.

Untuk mendapatkan Semen SCG OPC dan bahan bangunan lainnya, Anda dapat membelinya di toko bangunan terdekat atau bisa langsung memesannya di situs official SCGCBM.id. Sehingga rumah sekaligus ruang bermain anak milik Anda menjadi kokoh dan nyaman.

 

 

Sumber:

https://www.lamudi.co.id/journal/ruang-bermain-anak-di-rumah-sederhana/

https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-96718-ruang-bermain-anak-id.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *