Memahami Lebih Cerdas Tentang Pasar Valuta Asing

Memahami Lebih Cerdas Tentang Pasar Valuta Asing

Tentang pasar valuta asing adalah topik yang biasa dibicarakan oleh sebagian orang. Pasar valuta asing merupakan tempat bertemu permintaan dan penawaran terhadap valuta asing. Aktivitas di dalam pasar valuta asing adalah pertukaran panas yang dilakukan perorangan atau perusahaan.

Apa yang Harus Dipahami lebih cerdas tentang pasar valuta asing?

  1. Memahami Pasar Valuta Asing

Terdapat hal yang harus Anda pahami tentang pasar valuta asing. Valuta asing adalah tempat pertukaran valuta yang dilakukan perusahaan atau pemerintah. Pihak yang terlibat dalam pasar valuta asing terdiri dari bank umum, bank sentral, para dealer valuta asing dan agen retail.

Pihak dalam pasar valuta asing, akan melayani penjualan dan pembelian valuta manajemen keuangan fundamental dengan baik. Pasar ini punya dasar, bahwa pasar valuta asing terkoneksi melalui teknologi komunikasi. Sehingga transaksi bisa dilakukan secara daring dalam skala internasional.

  1. Jenis Pasar Valuta Asing

Jenis pasar valuta asing terbagi menjadi empat, dijelaskan dengan jelas di dalam manajemen valuta asing, yang merupakan dasar keputusan keuangan perusahaan multinasional.

Pertama, pasar spot pasar, adalah pasar yang mana transaksi penjualan valuta asing dilakukan untuk pertukaran yang segera. Dalam artian, pertukaran tersebut harus terjadi selambat-lambatnya dua hari kerja. Pasar ini menggunakan kurs mata uang saat transaksi yakni kurs spot.

Kurs spot biasa disebut sebagai nilai tukar resmi suatu valuta. Pada umumnya, pasar spot menjalankan transaksi spot.

Pasar forward, adalah jenis pasar berjangka yang mana transaksi jual beli valuta dilakukan untuk penyerahan. Penyerahan dilakukan di masa yang akan datang atau penyerahan di luar area spot. Kurs forward adalah kurs yang digunakan dalam transaksi ini.

Pasar forward memakai kontrak forward, kontrak tersebut berisi kesepakatan yang berhubungan dengan pertukaran dua valuta, yang akan dilakukan pada waktu tertentu yang telah disepakati. Adapun transaksi perdagangan bisa dilakukan melalui telepon atau teknologi informasi. Transaksi tersebut dilakukan tanpa harus saling bertemu, singkatnya secara daring.

Pasar selanjutnya adalah pasar futures, yang merupakan pasar yang berisi kontrak perdagangan valuta asing. Pasar futures menetapkan besarnya volume perdagangan pada waktu, harga dan tempat tertentu. Tentunya ketiga poin tersebut telah disepakati di awal kesepakatan.

Pasar futures memperdagangkan kontak future yang didasarkan pada sekuritas jangka pendek, seperti emas dan valuta asing.

Pasar selanjutnya adalah pasar opsi, merupakan pasar yang menggunakan kontrak. Pada dasarnya terdapat hak untuk memilih menggunakan opsi atau tidak di pasar jenis ini. Currency option contract adalah tipe kontrak alternatif yang bisa dibeli atau dijual oleh para spekulan atau perusahaan.

Adapun harga valuta asing bagi pemilik opsi yang ingin menggunakan hak tersebut, sering disebut sebagai exercise price atau street price. Opsi bisa dibeli atau dijual melalui pialang dengan membayar komisi, utamanya untuk opsi mata uang.

Pialang tersebut adalah pialang yang mensyaratkan adanya margin sepanjang periode kontrak. Margin bisa ditingkatkan bagi nasabah yang posisi opsinya memburuk. Margin adalah perlindungan terhadap potensi kerugian apabila nasabah tidak bisa memenuhi kewajibannya.

  1. Fungsi Pasar Valuta Asing

Fungsi pasar valas, bagian tentang pasar valuta asing yang perlu diketahui. Adanya pasar valuta asing, membuat transfer daya beli dari satu negara ke negara lainnya menjadi meningkat. Hal tersebut juga berdasar pada fungsi kriling internasional yang dilakukan oleh pasar valuta asing, juga punya peran penting dalam memfasilitasi perdagangan internasional.

Adapun pemberian kredit perdagangan internasional dan penyediaan fasilitas lindung menjadi lebih terjamin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.