TIPS MEMULAI USAHA JASA PERCETAKAN DI PADI UMKM YANG PERLU ANDA KETAHUI BAGIAN II

TIPS MEMULAI USAHA JASA PERCETAKAN DI PADI UMKM YANG PERLU ANDA KETAHUI BAGIAN II

Dikutip dari Moka pos inilah tips memulai jasa percetakan untuk anda yang ingin mencoba peluang usaha berikut ini yaitu Keempat Buat Rancangan Bisnis. Kunci keberhasilan lain dalam bisnis selain niat yang dibarengi dengan keahlian yang mumpuni adalah adanya rancangan bisnis. Ini sangat penting, karena bisnis jasa percetakan yang Anda jalankan akan mengacu pada strategi yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika Anda kesulitan membuatnya karena prosesnya yang cukup sulit, lakukan dengan cara sendiri, seperti misalnya membuat skema, peta atau cabang pohon.

Kelima Promosikan Usaha jasa Percetakan Anda, Kini, Anda sudah sampai pada bagian yang tidak kalah pentingnya dengan menyusun rancangan bisnis, yaitu mempromosikan usaha jasa percetakan milik Anda. Supaya Anda tidak membuang banyak biaya untuk promosi, Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi. Ya, memang benar bahwa promosi menjadi salah satu bagian rancangan bisnis yang paling menghabiskan biaya modal. Cara paling mudah untuk melakukan promosi bisnis jasa percetakan adalah melalui media sosial. Sebagai generasi milenium, Anda tentu memiliki akun media sosial, baik Facebook, Twitter, Instagram, hingga channel Youtube. Jika Anda tidak mau akun pribadi Anda terganggu karena digunakan untuk promosi, Anda bisa membuat akun baru khusus untuk bisnis Anda. Promosi melalui media online ini juga ada caranya. Anda bisa menggunakan Facebook Ads atau Google Ads. Keduanya disinyalir mampu menciptakan calon pelanggan potensial baru tanpa perlu menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan tentu saja biaya. Buat konten yang menarik, Anda bisa belajar banyak mengenai content marketing berikut visual yang mengundang rasa penasaran calon pelanggan untuk mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis jasa percetakan Anda . Selain memasang umpan dengan konten dan visual yang berkualitas, Anda juga bisa meningkatkan engagement dengan intens berinteraksi pada calon pelanggan. Ungkapan pelanggan adalah raja mungkin hingga kini masih terpakai, dan penilaian pelanggan bisa membuat usaha Anda melejit, atau bahkan jatuh terpuruk.

Sebagai pelanggan, respons cepat tentu sangat dibutuhkan. Pasalnya, mereka membutuhkan solusi untuk setiap masalah, dan menunggu selalu menjadi hal yang paling membosankan. Jadi, jangan buat mereka menunggu solusi dari Anda terlalu lama, karena ini bisa membuat mereka beralih pada pesaing. Supaya minat calon pelanggan makin tinggi untuk belanja di jasa percetakan anda, Anda bisa membuat kuis interaktif pada waktu-waktu dengan hadiah yang menarik. Dalam pengamatan media sosial, kuis dengan hadiah masih menjadi tren yang membuat angka engagement melejit cukup pesat. Hadiah bisa berupa tiket nonton, voucher belanja, atau merchandise yang bisa digunakan kapan saja oleh konsumen. Cara ini juga dikenal dengan istilah promosi berjalan.

Keenam, Hindari Menolak Order. Jangan sampai usaha dan biaya yang sudah Anda keluarkan untuk merintis usaha jasa percetakan ini sia-sia karena Anda terlalu pilih-pilih dalam menerima order, sembari tetap berpromosi, Anda bisa mulai mengerjakan satu atau dua klien. Menolak order hanya akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk menunjukkan nilai lebih yang dimiliki bisnis jasa percetakan Anda . Lalu, bagaimana jika Anda tidak terlalu paham perihal jasa percetakan? Tidak masalah, tetap terima order yang datang. Nantinya, Anda bisa melemparnya kembali ke pihak ketiga dengan sistem bagi hasil. Hal terpenting adalah order tersebut jadi sesuai dengan keinginan dan harga yang telah disepakati pada jasa percetakan anda, entah siapa yang mengerjakannya itu urusan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *