Kondisinya Kini 5 Meter di Padang Pariaman Fakta Fenomena Kuburan Tua Menggelembung Setinggi 1

Kondisinya Kini 5 Meter di Padang Pariaman Fakta Fenomena Kuburan Tua Menggelembung Setinggi 1

Tiga makam alias kuburan di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) meninggi secara tiba tiba hingga kini setinggi 1,5 meter. Makam ini juga tidak ditumbuhi rumput seperti makam makam pada umumnya. Peristiwa meningginya makam tersebut menjadi viral di media sosial hingga banyak didatangi masyarakat sekitar yang ingin melihat secara langsung fenomena aneh tersebut.

Banyak warga yang berkunjung karena ingin melihat secara langsung terkait tanah kuburan yang tiba tiba naik sendiri. Sebelum viral di media sosial, makam menggelembung ternyata sudah diketahui lebih dulu oleh kaum Suku Panyalai. Makam meninggi ini sudah diketahui sejak lima bulan lalu.

Namun ketinggiannya belum seperti saat ini. "Waktu membersihkan kuburan bersama kaum, tinggi kuburan tersebut masih sekitar setengah meter," katanya. Ali Bujang mengatakan, kala itu mereka tidak langsung memberitahu masyarakat.

"Makam itu memiliki batu nisan yang berbeda dari batu nisan makam lainnya," ujarnya. Sehingga mereka memilih bertanya terlebih dahulu pada ulama untuk memastikan identitas pemilik makam. Namun hingga saat ini para alim ulama setempat masih belum mengetahui identitas siapa yang dikubur di makam tersebut.

Ali Bujang mengatakan, pihaknya baru mengetahui kuburan itu bertambah tinggi pekan lalu. "Kami tahu kalau kuburan itu bertambah tinggi dari sebelumnya ketika ada saudara Suku Panyalai yang hendak dimakamkan," ujarnya. Sementara untuk video dan foto yang viral di media sosial sampai saat ini belum diketahui asal mula beredarnya.

Namun setelah video makam menggelembung ini viral, tiga hari lalu perangkat nagari dan warga mulai banyak berdatangan untuk melihat lansung kejadian tersebut. Menurut Wali Korong Sungai Asam, Anuar SE (43), semenjak hari Kamis sudah banyak pengunjung datang melihat langsung kuburan meninggi. Tak hanya lokal, pengunjung dari luar Kabupaten Padang Pariaman pun banyak berdatangan.

"Semenjak Rabu banyak pengunjung berdatangan baik dari Padang Pariaman sampai luar Padang Pariaman," kata Anuar. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa berada di sekeliling kuburan. Pemerintah setempat dan kaum Suku Panyalai pun memutuskan memagar makam tersebut agar tidak diinjak oleh pengunjung.

Makam ini berada di TPU Sei Asam, Korong Sungai Asam, 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Wali Korong Sungai Asam, Anuar menambahkan makam ini tampak semakin makin meninggi sekitar lima hari lalu. "Tampak meninggi seperti ini baru dalam minggu ini, sekitar lima hari yang lalu," ungkap Anuar.

Awal meninggi diketahui kuburan ini tidak ditumbuhi rumput. Namun hanya tampak tanah saja. Kemudian sejak lima hari belakang meninggi lagi, saat ini tinggi kuburan tersebut 1,5 meter. "Sekitar 1,5 meter (dari permukaan tanah sekitarnya red), sekitar setinggi dada orang dewasa lah," tambahnya.

Ada tiga kuburan yang meninggi dan berdekatan, sementara batu nisannya masih utuh. "Jarak antar kuburannya ini seperti jarak kuburan biasanya," tambahnya. Anuar belum bisa memastikan, kuburan itu milik siapa, yang jelas punya suku Panyalaian.

Sementara batu nisan di makam tersebut sudah tidak memiliki nama pengenal. Anuar mengatakan warga ramai mendatangi kuburan dari siang dan malam hari. "Semalam, hingga hari ini masih ramai, orang melihat kejadian aneh tersebut," katanya saat diwawancarai, Jumat (26/3/2021).

Anuar mengatakan, saat ini pemerintah nagari hanya memagari makam agar tidak ada warga yang menginjak makam tersebut. Sebelumnya tiga makam di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mendadak viral. Posisi makam tersebut tiba tiba meninggi lalu secara mendadak tidak ditumbuhi rumput.

Peristiwa tersebut viral di media sosial hingga banyak didatangi masyarakat sekitar. Banyak warga yang berkunjung karena ingin melihat secara langsung terkait tanah kuburan yang tiba tiba naik sendiri. "Kejadiannya sekitar 5 hari yang lalu diketahui oleh warga. Namun, viralnya baru sekitar 3 hari belakangan akibat ada yang memvideokan," kata Anuar,

Kata dia, makam tersebut merupakam Pandam Pekuburan Panyalai Datuk Rangkayo Gadang. "Jadi kuburan ini sudah lama berpuluh tahun yang lalu. Jadi, sebelumnya tidak ada kuburan yang setinggi itu kuburannya di sana," ujarnya. Ia menyebutkan, satu tahun yang lalu ada kuburan yang cukup tinggi tanahnya, tapi tingginya sekitar lutut orang dewasa.

Namun, saat ada warga yang pergi ke pusara untuk berziarah dan membersihkan makam keluarga, mereka melihat adanya makam yang tanahnya meninggi. "Hal itu membuat warga itu terkejut. Dahulu memang ada yang tinggi juga, tapi tidak setinggi itu," katanya. Selain itu, kuburan tersebut tidak berumput. Sedangkan kuburan lainnya ditumbuhi rumput.

"Selanjutnya diviralkan orang orang. Saat ini tinggi kuburan itu sekitar 1.5 meter, dan lebarnya 3.5 meter. Sedangkan, kuburan normal hanya sekitar 40 50 cm," ujarnya. "Jadi, ada 3 kuburan yang meninggi tiba tiba. Kami belum mengetahui itu kuburan siapa dan namanya siapa," katanya. Kata dia, tetua yang ada juga tidak ada yang tahu kuburan siapa yang ada di sana.

"Sampai saat ini masih ramai orang melihat sampai malam, pagi siap subuh juga sudah ada yang datang. Ini fenomena alam dan kejadian aneh," kata dia. Pihaknya, sengaja memagar pakai tali agar tidak ada masyarakat yang menginjak injak makam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.