Ikuti Tips Berikut Supaya Maag Tidak Kambuh-Kambuh

Ikuti Tips Berikut Supaya Maag Tidak Kambuh-Kambuh

Ada banyak sekali jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Salah satunya adalah maag dimana menyerang organ lambung karena tingkat asam yang naik atau tinggi. Apabila kambuh, maka akan menyebabkan rasa nyeri serta sakit yang amat sangat. Oleh sebab itu, harus mengkonsumsi obat atau harus mengatur pola makan dengan baik.

Penyakit satu ini juga dapat disebabkan oleh bakteri bernama Helicpbacter pylori serta penggunaan NSAID atau Antiinflamasi Non Steroid. Setelah mengidap maag, penderita akan sering kambuh apabila tidak menjaga pola makan dan hidup sehat. Oleh sebab itu, dapat mengikuti sejumlah tips supaya tidak mudah datang kembali.

Tips Penyakit Maag Tidak Kambuh

Saat asam lambung naik, rasa sakit serta nyeri akan menyerang dan pastinya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan mengkonsumsi obat terus menerus tentu saja tidak baik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda mengikuti sejumlah tips di bawah ini agar maag tidak mudah datang atau kambuh.

  • Hindari Makanan yang Membuat Lambung Iritasi

Lambung penderita maag pastinya akan jauh lebih sensitif dari orang normal. Ini dapat teriritasi apabila Anda mengkonsumsi beberapa makanan, seperti yang mengandung kafein, makanan dengan kadar asam tinggi, serta makanan kandungan lemak tinggi. Selain itu, hindari makanan yang dapat mengiritasi mulut, misalkan mengandung gas, cokelat, serta bawang-bawangan.

  • Jangan Lupa Sarapan

Hal yang sering menjadi penyebab datangnya maag adalah sering lupa atau bahkan tidak sarapan. Asupan makanan di awal hari merupakan hal penting supaya perut tidak kosong serta dapat melakukan proses pencernaan. Apabila Anda tidak makan pagi, maka risiko asam lambung naik semakin besar.

  • Makan Dalam Porsi Kecil

Sakit maag memang menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Selain itu, juga menyebabkan rasa mual dan muntah sehingga membuat nafsu makan menurun. Supaya asupan nutrisi tetap terpenuhi, makanlah dengan jumlah porsi kecil tapi sering. Setelahnya, jangan biasakan berbaring setelah makan.

  • Jangan Tidur Setelah Makan

Menjaga kesehatan tubuh supaya jarang kambuh asam lambungnya juga berasal dari kebiasaan sehari-hari. Apabila telah selesai makan dan perut terasa penuh, disarankan tidak tidur atau melakukan olahraga. Tunggulah beberapa saat, jangan langsung setelah itu juga karena dapat memicu maag muncul.

  • Jangan Stress

Salah satu cara menjaga berbagai macam penyakit jarang datang adalah kelola stress secara baik. Ini juga berlaku bagi penderita maag. Pastikan mempunyai pikiran yang positif. Cobalah melakukan teknik relaksasi supaya tubuh menjadi rileks serta emosi terkendali.

Itulah informasi tentang cara untuk bisa terhindari dari maag yang kambuh. Anda dapat memulainya dengan mengatur jadwal serta memilih makanan yang tepat alias tidak memicu asam lambung. Setelah itu, perhatikan kesehatan mental berupa kelola stress secara baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.